Monday, March 1, 2010

Visi dan Cita-cita Tingì

Ingin menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah..banyak hal yang harus dipelajari..

MEMPUNYAI VISI DAN CITA-CITA YANG TINGGI

Seorang pemimpin sebagai "penjual harapan", harus bisa menggalang dan meyakinkan orang-orangnya dengan menunjukkan jalan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu pemimpin harus punya mimpi besar dan punya visi yang jauh ke depan.
Hal yang harus diperhatikan adalah, pemimpin harus bisa mengkomunikasikan visinya kepada para pengikutnya dan menjadikannya visi bersama. Ia juga perlu memberi inspirasi dan memotivasi mereka dan meyakinkan merdka bahwa visi itu bisa dicapai..
Visi selain memberikan arah, ia juga sebagai api unggun yang akan membakar semangat dan memotivasi para pengikutnya..

Selain visi, seorang pemimpin juga harus membunyai ambisi, cita-cita atau keinginan yang membara yang sering menjadi kunci kesuksesan. Ia bisa memicu seseorang untuk bertindak menggunakan segenap potensi yang ada.
Hanya sekadar cita-cita memang tidak cukup mengantarkan seseorang menjadi sukses. Ia perlu memvisualisasikannya secara jelas dan mengambil langkah-langkah konkret yaitu sebagai "penunjuk jalan" yang selalu berada di depan, menuntun dan memfokuskan pengikutnya ke sasaran.
Kita harus berani berfikir besar dan optimistis karena dengan begitu akan memberikan keberanian dan dorongan untuk bergerak. Memvisualisasikan keuntungan apa yang akan didapat dan kenikmatan apa yang akan diperoleh bila berhasil mencapai cita-cita tersebut, dapat meningkatkan motivasi dan semangan untuk meraihnya.

Yap, Leman. "The Best of Chinese Leadership Wisdom". PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008.

No comments:

Post a Comment